«

»

Dec 20

Print this Post

Dahaga Adven (Dominica IV Adventus – Introitus)

rorate caeli

Pengalaman kita akan kekeringan – di mana kita sering memandang ke langit mengharapkan embun dan hujan turun membasahi tanah kering supaya kembali menumbuhkan kehidupan – membantu kita merenungkan antifon pembukaan Rorate Caeli kali ini.

 

Kita sering berteriak kepada Bapa kita di surga untuk melepaskan kita dari segala kekeringan, keputus-asaan, kehampaan, kesesakan, penderitaan, kemalangan, bahaya, pencobaan yang kita alami di dunia ini.

Tetapi apakah kita juga sering berteriak untuk keselamatan jiwa kita? Justru seharusnya lebih sering berteriak memohon pengampunan atas dosa-dosa kita.

rorate coeli

Embunkanlah, hai langit, dari atas, dan hendaklah awan menghujankan yang adil: hendaklah bumi terbuka dan menumbuhkan Penyelamat (Yes 45:8). Segala langit mewartakan kemuliaan Allah, dan karya tanganNya dikabarkan cakrawala (Maz 18[19]:2).

Mungkin kita pernah mengalami kekosongan, kekeringan karena dosa. Saat itu kita ingin dipulihkan kembali. Tetapi lebih sering kita berusaha sendiri menghapus, membenarkan diri, bahwa apa yang kita lakukan adalah tidak apa-apa. Kita membunuh suara hati kita yang merana, yang berteriak memohon pengampunan yang menyejukkan. Kita lebih memilih mengatakan pada diri sendiri bahwa itu tidak apa-apa, waktu akan membuat kita melupakan perasaan salah dan berdosa.

Betapa kering dan kosongnya hidup kita akibat dosa-dosa kita, sehingga sudah saatnya kita berteriak kepada Bapa yang bersemayam di atas, untuk menurunkan Sang Penyelamat, PutraNya sendiri supaya kita boleh hidup kembali. Hanya Dia-lah yang akan mampu melepaskan kita dari kekeringan, kematian, kekosongan akibat dosa-dosa kita.

rorate mass1

Misa Rorate dikurbankan pada subuh hari dengan terang lilin untuk menyambut datangnya Sang Cahaya dan menghormati Bunda Maria ibuNya.

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/dahaga-adven-dominica-iv-adventus-introitus/

Leave a Reply