«

»

Apr 25

Print this Post

Hadir di Misa, hadir di Golgota

Jika kita membuka-buka Missale Romanum (1962), sebelum Canon Missae (Kanon Misa) atau doa “Te igitur, clementissime Pater …,” ada satu halaman penuh yang dikhususkan untuk gambar atau lukisan di mana Yesus sedang tersalib. Foto berikut ini melukiskan apa yang dimaksudkan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Letak gambar Yesus tersalib sebelum Kanon Misa hendak mengatakan bahwa Misa berkaitan dengan apa yang terjadi dengan Yesus di Golgota. Kurban adalah kata kunci yang mengaitkan Misa dengan Golgota. Sehingga ketika kita mendengar ungkapan “Kurban Misa”, kita akan secara langsung memikirkan hubungan Misa dengan peristiwa sengsara Tuhan Kita Yesus Kristus di Golgota.

Dengan demikian, ketika kita menghadiri Kurban Misa (khususnya dalam Bentuk Ekstraordinaria), kita perlu memiliki sikap bahwa kita sedang menghadiri peristiwa di mana Tuhan Kita Yesus Kristus mengurbankan diriNya untuk keselamatan kita. Sikap seperti ini akan membantu kita menghargai dan melihat arti yang dalam dari setiap gerakan imam yang bertindak in persona Christi, bacaan, doa dan lagu, busana dan dekorasi, dan terutama keheningan.

Mungkin kita mengeluh karena hampir kita tidak mendengar apa yang imam sedang doakan atau ucapkan. Tetapi, kembali ke peristiwa sengsara Tuhan Kita Yesus Kristus, siapakah yang mendengar Yesus ketika sedang berdoa kepada Bapa-Nya? Bukankah para murid-Nya sedang tertidur yang mana seharusnya berdoa sebagaimana diminta oleh Yesus?

Jadi sikap utama untuk dapat menghadiri Misa Bentuk Ekstraordinaria dengan khusyuk dan memuaskan adalah memikirkan dan percaya bahwa ketika kita menghadiri Kurban Misa, kita sesungguhnya melihat dan mengalami Tuhan Kita Yesus Kristus yang sedang mengurban Diri-Nya di kayu salib untuk keselamatan kita. Sikap utama ini membantu kita pelan-pelan melihat arti dan keindahan yang lebih mendalam dari setiap bagian Misa.

misa-golgota

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/hadir-di-misa-hadir-di-golgota/

Leave a Reply