«

»

Dec 05

Print this Post

Merenungkan Antifon Pembukaan (Ant. ad Introitum)

Jika kita perhatikan Misa Kudus atau Perayaan Ekaristi dimulai dengan Antifon Pembukaan. Amat disayangkan bahwa antifon pembukaan ini kebanyakan diganti dengan lagu pembukaan, sehingga kebanyakan umat tidak tahu lagi bahwa antifon pembukaan ini ada. Padahal antifon pembukaan itu mempunyai fungsi tematik dari Misa Kudus.

TLM indo4

[Antifon Pembukaan biasanya dinyanyikan ketika imam sampai di kaki altar. Sedangkan imam sendiri akan membacanya setelah Confiteor.]

Mungkin kita pernah bahkan sering dengar bahwa hari Minggu ketiga masa Adven disebut hari Minggu Gaudéte, hari Minggu ‘bersukacitalah’. Nama itu (Gaudete) adalah kata pertama dari antifon pembuka pada hari Minggu ketiga masa Adven. Lengkapnya demikian, Gaudéte in Dómino semper: íterum dico, gaudéte. Modéstia vestra nota sit ómnibus homínibus: Dóminus enim prope est. Antifon ini diambil dari surat Paulus kepada orang-orang di Filipi: Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! (Fil 4,4-6). Sebagai catatan: Misa Forma Ordinaria menghilangkan kalimat Modéstia vestra nota sit ómnibus homínibus (Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang.)

Karena memiliki fungsi tematik, antifon pembukaan patut mendapat perhatian. Bentuknya yang singkat membuat kita mudah mengingatnya. Bahkan cukup mengambil kata pertama, misalnya gaudéte (bersukacitalah). Jika kita merenungkannya dan membawanya dalam doa selama satu minggu, hidup rohani kita bertumbuh ke arah yang lebih baik. Merenungkan dan mendoakan antifon pembukaan ini ibarat vitamin yang dosisnya amat kecil namun amat penting bagi tubuh.

Missalatina.org akan berusaha menampilkan antifon pembukaan ini setiap minggu. Gereja mempunyai kekayaan rohani yang terpendam yang patut kita gali bersama dan bagikan kepada orang lain. Semoga usaha kita ini menjadi sarana untuk membawa kita dan orang lain (semakin dekat) kepada Yesus Kristus, Sang Penyelamat.

Salah satu contoh dari Ant. ad Introitum (Antifon Pembukaan) dalam Misssale Romanum.

[Salah satu contoh dari Ant. ad Introitum (Antifon Pembukaan) dalam Misssale Romanum.]

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/merenungkan-antifon-pembukaan-ant-ad-introitum/

1 comment

  1. Michael

    Pencerahan, … bagi pembelajar iman Katolik, tks

Leave a Reply