«

»

Feb 12

Print this Post

Merenungkan Sepenggal Kalimat dari Prefasi Prapaskah

berpuasaKalimat dari Prefasi Prapaskah yang akan kita renungkan adalah:

Qui corporáli ieiúnio vitia cómprimis, mentem élevas, virtútem largíris et proemia: per Christum, Dóminum nostrum.

Supaya kita mengerti, ada baiknya kita melihat seluruh kalimat yang sesungguh, terutama untuk mengerti siapa yang dimaksudkan dengan kata “qui” yang artinya “yang”.

Vere dignum et iustum est, æquum et salutáre, nos tibi semper et ubíque grátias ágere: Dómine sancte, Pater omnípotens, ætérne Deus: Qui corporáli ieiúnio vitia cómprimis, mentem élevas, virtútem largíris et proemia: per Christum, Dóminum nostrum.

Kata “qui” itu merujuk kepada “Dómine sancte, Pater omnípotens, ætérne Deus” (Tuhan yang kudus, Bapa yang mahakuasa, Allah yang kekal) atau dengan kata lain merujuk kepada Allah yang sedang kita sapa.

Jika demikian kita akan mendapatkan terjemahan kurang lebih demikian:

Sungguh layak dan pantas, tepat dan berguna, di setiap waktu dan tempat kami mengucap syukur kepadaMu, Tuhan yang kudus, Bapa yang mahakuasa, Allah yang kekal: lewat puasa badani Engkau mengekang kejahatan kami, mengangkat budi kami, menganugerahi kami kekuatan dan pahala, dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami.

Siapa yang mengambil peran di sini? Allah dan manusia. Supaya Allah dapat membantu kita dalam pertobatan kita selama masa prapaskah ini, Ia menyediakan sarana yaitu puasa badani untuk kita gunakan. Jadi peran kita adalah mau menggunakan sarana itu. Dari doa prefasi ini kita percaya bahwa lewat puasa badani, Allah membantu kita mengekang keinginan-keinginan kita yang dapat membawa kita kepada dosa, memusatkan pikiran kita kepada Tuhan, memberi kita kekuatan dan pahala. Dengan demikian berpuasa tidak lain adalah memberi tempat kepada Tuhan di dalam hidup kita.

Semoga puasa kita selama masa prapaskah ini membuat kita semakin haus dan lapar akan Tuhan. Amin.

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/merenungkan-sepenggal-kalimat-dari-prefasi-prapaskah/

Leave a Reply