«

Jun 09

Print this Post

MISA LATIN MINGGU TRINITAS DAN PROSESI KORONASI

Terpujilah Allah Bapa, Putra Allah yang tunggal, serta Roh Kudus, karena sudah menaruh belas kasih kepada kita!

Pada hari minggu, 22 Mei 2016, Komunitas penyelenggara Misa Latin Tradisional kembali menghadirkan Misa Latin yang dipersembahkan oleh Yang Mulia, Mgr. Hieronymus Bumbun, OFM Cap –  Uskup Agung Emeritus Pontianak.  Pada hari itu adalah Hari Raya Tritunggal Mahakudus.

Credo – Et incarnatus …

Dalam Misa Kudus, diawali dengan ritus pemercikan air suci diiringi dengan madah Asperges Me , yang menyucikan jiwa dari dosa-dosa, menyadari akan pembaptisan yang telah diterima. Homili Yang Mulia Mgr. Hieronymus Bumbun, OFM Cap berjudul “BIARLAH MISTERI TETAP MENJADI MISTERI” (Dari Buku renungan Ruah).  “St. Thomas Aquino, sebagai seorang doctor angelicum, sangat terkenal karena tulisan-tulisannya tentang Allah. Namun, ia meminta supaya tulisan-tulisannya tentang Allah dibakar saja. Ia mengatakan bahwa apa yang ia tulis itu tidak ada artinya sama sekali bila dibandingkan dengan kenyataan Allah yang sungguh ada.”

Homili

Misa Kudus Minggu Tritunggal Mahakudus walau tidak dilayani oleh koor, namun lantunan gregorian oleh seorang penyelenggara Misa Latin  membuat Misa tetap khidmat dan agung.

Mahkota mawar untuk Bunda Maria

Tidak seperti biasanya pada Misa kali ini, karena dirayakan pada bulan Mei yang merupakan bulan Maria, Komunitas yang menaruh penghormatan yang mendalam kepada Santa Perawan Maria, maka diselenggarakan prosesi koronasi, suatu tradisi yang hampir dilupakan di berbagai daerah. Prosesi ini dilakukan secara terpisah dari Misa Kudus, yaitu dilakukan setelah Misa kudus. Prosesi ini dilangsungkan dengan meriah, yang dipimpin oleh Mgr. Hieronymus Bumbun. Setelah prosesi koronasi, umat secara pribadi menghormati potongan kain yang pernah ditempelkan ke relikwi Sabuk Bunda Maria (Proses ini dalam Gereja Latin disebut relikwi kelas III).

Pemberkatan korona/mahkota mawar

Koronasi

Potongan kain yang disentuhkan dengan relikwi Sabuk Bunda Maria

Lihat dokumentasi selengkapnya di:

https://web.facebook.com/Missa-Latina-877891692234413/photos/?tab=album&album_id=1186813924675520

Semoga Misa Latin Tradisional semakin berkembang di setiap wilayah, khususnya untuk negara Nusantara.

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/misa-latin-minggu-trinitas-dan-prosesi-koronasi/

Leave a Reply