«

»

Nov 18

Print this Post

Pengenalan Misa Latin Tradisional (1)

Pengenalan-TLM-1Pendahuluan:
Ekaristi Kudus sebagai Sakramen dan Kurban

Ekaristi adalah Sakramen sekaligus Kurban. Ada beberapa perbedaan antara Ekaristi sebagai Sakramen dan sebagai Kurban. Efektivitas Kurban terletak pada apa yang dipersembahkan, sedangkan sebagai Sakramen terletak pada apa yang diterima.

Ekaristi sebagai Sakramen meningkatkan rahmat dan memberikan kepada jiwa segala manfaat sebagaimana yang diberikan makanan kepada tubuh. Sebagai Kurban, Ekaristi tidak hanya menjadi sumber rahmat, tetapi juga memberi kepuasan bagi Allah.

Pula, Ekaristi sebagai Sakramen hanya membawa manfaat bagi mereka yang menerimanya; jika memperolehkan rahmat dan berkat bagi orang lain, hal itu semata-mata terjadi melalui kebaikan Allah. Tetapi sebagai Kurban, Ekaristi dipersembahkan bagi kepentingan Gereja Katolik di seluruh dunia dan mendatangkan rahmat bagi semua orang Kristen [Katolik] yang setia, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Ekaristi Kudus sebagai Sakramen adalah sumber pengudusan bagi kita sendiri, sementara sebagai Kurban adalah penyembahan tertinggi kepada Allah.

Konsili Trente mendefinisikan Ekaristi sebagai Kurban yang benar dan sejati, serta menyatakan bahwa Kurban yang dipersembahkan oleh pelayanan Imamat dan Kurban yang dipersembahkan oleh Kristus di kayu salib adalah Kurban yang SATU dan SAMA, hanya cara pengorbanannya yang berbeda.

Ekaristi adalah Kurban Tubuh dan Darah Yesus Kristus yang benar-benar hadir di altar dalam rupa roti dan anggur, yang dipersembahkan kepada Allah, bagi orang-orang yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Dalam Ekaristi Kudus, terdapat semua hal yang kita butuhkan bagi sebuah kurban sejati:

  1. Materi yang kelihatan: Tubuh dan Darah Kristus dalam rupa roti dan anggur
  2. Persembahan diri Kristus melalui Imam-Nya
  3. Perubahan mistik dalam konsekrasi roti dan anggur
  4. Misa dipersembahkan hanya kepada Allah, bukan kepada Bunda Maria ataupun para kudus
  5. Misa dipersembahkan untuk kepentingan orang-orang Kristen [Katolik] baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Sumber:

http://thetrueserenity.blogspot.de

[bersambung]

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/pengenalan-misa-latin-tradisional-bagian-1/

Leave a Reply