«

»

Dec 03

Print this Post

Penggunaan Lilin pada Tridentine Latin Mass

Sebelum membahas penggunaan lilin pada Tridentine Latine Mass, mari kita pahami sejenak bahwa di dalam Gereja Katolik lilin merupakan simbol terang, dan pada perayaan Ekaristi, lilin di altar dinyalakan, menjadi lambang kehadiran Kristus yang adalah Sang Terang dunia (Yoh 8:12). Pada Tridentine Latin Mass, penggunaan lilin juga sebagai pembeda tingkatan misa yang dilangsungkan.

A. High Mass

Jumlah lilin 6 buah, masing-masing 3 lilin pada tiap sisi altar.

Jumlah lilin 6 buah, masing-masing 3 lilin pada tiap sisi altar.

High Mass biasa juga disebut sebagai Solemn Mass, Misa Meriah. Pada High Mass Imam Selebran dibantu oleh 1 Diakon atau lebih begitu pula dengan jumlah servernya. Pada High Mass lilin yang dinyalakan di altar berjumlah 6 buah, dimana pada masing-masing sisi Altar terdapat 3 lilin.

B. Cantata Mass

Jumlah lilin berkisar antara 4 atau 6lilin

Jumlah lilin berkisar antara 4 atau 6lilin

Disebut Cantata Mass jika Imam selebran merayakan misa sendiri ( hanya dibantu oleh misdinar). Pada Cantata Mass, lilin yang dipakai bisa berjumlah 6 ataupun hanya 4 lilin.

C. Pontifical Mass

Pontifical Mass yang dirayakan oleh Uskup, dengan 6 lilin di altar.

Pontifical Mass yang dirayakan oleh Uskup, dengan 6 lilin di altar.

Pontifical Mass adalah sebutan bagi Solemn Mass yang dirayakan langsung oleh seorang Uskup. Penggunaan lilin pada Pontifical Mass adalah sebanyak 6 lilin. Dengan masing-masing pada 3lilin pada sisi altar.

D. Low Mass

Misa Low Mass dengan 2 lilin di altar 1

Misa Low Mass dengan 2 lilin di altar 1

Pada bagian terakhir, tipe misa yang akan dibahas adalah Low Mass atau Missa Lecta. Low Mass dapat dilaksanakan pada misa harian, misa pribadi Imam, misa minggu di luar dari hari raya, dan juga pada misa arwah. Penggunaan lilin pada Low Mass berjumlah 2 buah. Pada Low mass, tidak di iringi oleh musik ataupun Diakon sebagai pendamping pada saat misa.

Sumber artikel: (Dengan sedikit perubahan dari sumber asli)
http://kcrt.blogspot.com/2010/02/jenis-missa-dan-fotonya_21.html
http://www.phatmass.com/phorum/topic/123237-low-mass-high-mass-solemn-high-mass

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/penggunaan-lilin-pada-tridentine-latin-mass/

Leave a Reply