«

»

Feb 12

Print this Post

Resep spesial untuk hari Pantang wajib

Teman-teman, sebentar lagi kita akan memasuki masa pantang dan puasa wajib, yang dimulai dari hari Rabu Abu minggu depan. Namun ternyata ketentuan mengenai pantang suatu makanan tertentu tidak terbatas hanya pada masa Pra-Paskah tetapi berlaku untuk hari Jumat sepanjang tahun. Oleh sebab itu missalatina.org akan membantu menyediakan 2 resep masakan untuk hari pantang wajib Jumat besok.

10958776_765678273514550_1044237973_n
1. Rendang Jamur (untuk 4 porsi)
Bahan:
8 buah jamur hioko 1 bungkus bumbu rendang instan 1 batang serai 3 lembar daun jeruk 300ml santan cair 1 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
1. Rebus jamur hioko dengan air mendidih sampai empuk, tiriskan. Potong-potong kepala jamur tipis-tipis, suwir-suwir batang jamur.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu rendang instan, masukkan serai dan daun jeruk, tumis sampai harum. Kemudian masukkan santan cair, aduk-aduk hingga mengental
3. Masukkan potongan jamur, aduk-aduk hingga merata, diamkan dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah santan mengering. Angkat dan sajikan.
.

10965935_765678276847883_1230162516_n
2. Lumpia Goreng isi Sayur
Bahan:
5 buah jamur champignon, potong kecil-kecil 1 batang daun bawang, potong kecil-kecil 20gr tauge, buang akar 20gr Kol, cincang kasar 5 – 10 lembar kulit lumpia 3 siung bawang putih, cincang 1 sdt garam 1 sdt merica 1 sdm mentega Minyak goreng untuk menggoreng 1 butir telur, ambil putih telurnya
Cara Membuat:
1. Panaskan mentega, lalu tumis bawang putih hingga harum. Masukkan kol, potongan jamur, tauge dan daun bawang, tambahkan merica dan garam, lalu masak hingga sayur matang. Angkat dan sisihkan.
2. Siapkan kulit lumpia, ambil 1 sendok tumisan sayur, letakkan di atas kulit lumpia, lalu gulung, rekatkan kulit lumpia menggunakan putih telur. Lakukan di kulit lumpia selanjutnya hingga tumisan sayur habis
3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng lumpia hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan sajikan

terima kasih kepada sdri. Paula Anindia atas resep nya

PS.
Hukum Kanonik Gereja Katolik (KHK) 1250-1252:
Kan. 1250 Hari dan waktu tobat dalam seluruh Gereja ialah setiap hari Jumat sepanjang tahun, dan juga masa Pra-paska.

Kan. 1251 Pantang makan daging atau makanan lain menurut ketentuan Konferensi para Uskup hendaknya dilakukan setiap hari Jumat sepanjang tahun, kecuali hari Jumat itu kebetulan jatuh pada salah satu hari yang terhitung hari raya; sedangkan pantang dan puasa hendaknya dilakukan pada hari Rabu Abu dan pada hari Jumat Agung, memperingati Sengsara dan Wafat Tuhan Kita Yesus Kristus.

Kan. 1252 Peraturan pantang mengikat mereka yang telah berumur genap empat belas tahun; sedangkan peraturan puasa mengikat semua yang berusia dewasa sampai awal tahun ke enampuluh; namun para gembala jiwa dan orangtua hendaknya berusaha agar juga mereka, yang karena usianya masih kurang tidak terikat wajib puasa dan pantang, dibina ke arah cita-rasa tobat yang sejati.

PSS.
Daging yang dimaksud dan tidak dimakan adalah daging daribinatang mamalia dan dari hasil peternakan, dan daging yang plg dijauhkan adalah daging sapi, babi, ayam, dan kalkun. Sementara dagingnya dilarang, produk non-daging dari binatang2 itu tidak dilarang (susu, keju, mentega, dan telur).

Untuk ikan/seafood tidak termasuk kategori daging, karena bahasa Latin untuk daging “caro” dari bahasa Inggris “Carnivore” dan “carnivorous”, diberlakukan dengan ketat pada makanan daging dan tidak pernah dimaksudkan untuk ikan (seafood).

~Ad Jesum per Mariam~

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/resep-spesial-untuk-hari-pantang-wajib/

Leave a Reply