«

»

Mar 19

Print this Post

Resep untuk hari Pantang Wajib seturut Kanon 1250-1252

Teman-teman, besok kita akan kembali menjalankan pantang wajib. Nah untuk membantu teman-teman menjalankan kewajiban tersebut, missalatina.org akan kembali menghadirkan resep masakan yang dipersiapkan khusus untuk hari pantang wajib besok. mari kita praktekkan resep sederhana ini dan ada keterangan singkat mengenai pantang di akhir artikel.

Resep Steak Tempe yang Enak

Steak Tempe

Steak Tempe


Bahan-bahan membuat steak tempe yang enak

250 gram tempe dikukus, dihaluskan

1 butir telur + 2 sendok makan tepung roti kasar
½ sendok teh garam + ½ sendok teh merica
Daun bawang diiris tipis sesuai selera secukupnya
¼ bawang bombai dicincang

Bahan-bahan membuat saus steak tempe

½ bawang bombai diiris memanjang
2 sendok makan tepung terigu
250 ml air
2 sendok makan saos tomat + 2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan gula
1 sendok teh kecap inggris
¼ garam + ¼ merica
Mentega untuk menumis

Langkah-langkah membuat steak tempe yang enak

Membuat saos steak tempe: panaskan wajan, masukkan mentega, tumis bawang bombai hingga harum; tambahkan tepung terigu seraya terus diaduk; tambahkan air secara perlahan; masukkan semua sisa bahan membuat saosnya dan aduk hingga rata, mendidih, dan mengental. Angkat, sisihkan
Membuat steak tempe: campurkan semua bahan steak menjadi satu dan aduk hingga semuanya tercampur rata. Bagi adonan menjadi 5 bagian atau sesuai selera, bentuk bulat pipih semua bagian
Panaskan wajan anti lengket dan olesi mentega, panggang steak tempe hingga matang dengan cara membolak balik hingga matangnya merata. Setelah semua matang sisihkan.
Steak tempe siap disajikan, caranya dengan menggunakan piring saji, letakkan satu steak tempe, lengkapi dengan sejumlah sayuran seperti selada, wortel, kentang, buncis, susun rapi, sirami dengan saos steak tempe.
Steak tempe yang enak siap disajikan dan dinikmati bersama.
Sumber resep : duniakulinernusantara.blogspot.com/2014/07/resep-cara-membuat-steak-tempe-yang-enak.html (dengan sedikit perubahan)
PS.
Hukum Kanonik Gereja Katolik (KHK) 1250-1252:
Kan. 1250 Hari dan waktu tobat dalam seluruh Gereja ialah setiap hari Jumat sepanjang tahun, dan juga masa Pra-paska.

Kan. 1251 Pantang makan daging atau makanan lain menurut ketentuan Konferensi para Uskup hendaknya dilakukan setiap hari Jumat sepanjang tahun, kecuali hari Jumat itu kebetulan jatuh pada salah satu hari yang terhitung hari raya; sedangkan pantang dan puasa hendaknya dilakukan pada hari Rabu Abu dan pada hari Jumat Agung, memperingati Sengsara dan Wafat Tuhan Kita Yesus Kristus.

Kan. 1252 Peraturan pantang mengikat mereka yang telah berumur genap empat belas tahun; sedangkan peraturan puasa mengikat semua yang berusia dewasa sampai awal tahun ke enampuluh; namun para gembala jiwa dan orangtua hendaknya berusaha agar juga mereka, yang karena usianya masih kurang tidak terikat wajib puasa dan pantang, dibina ke arah cita-rasa tobat yang sejati.

PSS.
Daging yang dimaksud dan tidak dimakan adalah daging dari binatang mamalia dan dari hasil peternakan, dan daging yang plg dihindari adalah daging sapi, babi, ayam, dan kalkun. Sementara dagingnya dilarang, produk non-daging dari binatang2 itu tidak dilarang (susu, keju, mentega, dan telur).

Untuk ikan/seafood tidak termasuk kategori daging, karena bahasa Latin untuk daging “caro” berasal dari bahasa Inggris “Carnivore” dan “carnivorous”, diberlakukan dengan ketat pada makanan daging dan tidak pernah dimaksudkan untuk ikan (seafood).

~Ad Jesum per Mariam~

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/resep-untuk-hari-pantang-wajib-seturut-kanon-1250-1252/

Leave a Reply