«

»

Mar 12

Print this Post

Resep untuk menjalankan pantang daging~

Teman-teman, sesuai dengan kanon 1250-1252 mengenai pantang dan puasa, maka besok kita akan melaksanakan pantang daging. Untuk itu kami sediakan resep masakan yang dapat membantu teman-teman dalam melaksanakannya. Kali ini terdapat resep yang cukup unik, karena berdasarkan sejarah makanan ini di santap oleh Paus Benediktus XIII. Terdapat pula keterangan singkat mengenai pantang dan puasa di akhir resep. mari kita simak dan praktekkan ūüėÄ

Egg Benedict
Egg Benedict
adalah makanan sarapan yang ditemukan oleh Paus Benediktus XIII pada abad ke 18. Paus yang memiliki hidup sederhana ini ingin merubah sarapan mewah menjadi sarapan sederhana, yaitu telur rebus di atas roti lalu diberi saus hollandaise. Selama 6 tahun ia menjadi Hamba Tuhan, ia sering kali makan telur rebus ini untuk sarapan dan juga untuk menjaga penyakit perut kronisnya, yang pada akhirnya nama makanan tersebut dikenal Egg Benedict.

Cara membuatnya cukup mudah asalkan hati-hati dalam membuat sausnya.

Bahan dasar untuk 1 porsi adalah: 1 roti (tawar, namun sebaiknya english muffin) 1 telur 1 kuning telur 1 lemon 3 sendok makan cuka 2 sendok makan mentega tanpa asin garam, merica hitam, dan herb eropa (marjoram, sage, tarragon, atau oregano)

Alat yang diperlukan: Panci Wajan Mixer atau blender

Cara membuat: I. Panaskan wajan, lalu masak ham hingga matang, jika anda sedang puasa hari jumat anda bisa ganti ham menjadi salmon uap, atau tidak menggunakan daging.

II. Membuat Hollandaise saus 1. Peras lemon 2. Siapkan kuning telur ditambahkan mentega yang sudah meleleh. 3. Gunakan mixer atau blender, kocok hingga terlihat mengental dan berbuih emas. 4. Tambahkan garam, merica hitam, dan perasan lemon secukupnya 5. Siapkan Panci, jika bisa gunakan panci dobel, untuk memanaskan saus tersebut. Tips, agar tidak menjadi terlalu panas dan bisa menjadi gumpalan telur, suhu harus sekitar 60-70C, oleh karena itu harus menggunakan panci dobel, dengan panci bawahnya air mendidih lalu kecilkan api menjadi medium. Taruhlah panci untuk sauce, namun tidak boleh menyentuh air. Masak saus hingga matang (lihat warna saus di gambar)
III. Panggangan roti tawar 1. Panaskan wajan, lalu panggang roti tawar hingga menjadi warna keemasan.
IV. Rebusan Telur 1. Rebus air pada panci hingga mendidih 2. Tambahkan cuka 3. Gunakan mangkuk untuk hati-hati menaruh telur, agar putih telur tidak bercampur dengan air. 4. Angkat sesuai keinginan tingkat kematangan.
V. Menata urutan menata dari bawah ke atas adalah: Telur, Daging ikan asap, Telur, dan tambahkan Saus Hollandaise. Tabur herb eropa. Agar makanan anda masih panas ketika disajikan, saya sarankan ketika memanggang roti dibarengi dengan merebus telur.

Selamat mencoba! La Dolce Vita ! (manisnya kehidupan!)

Resep masakan bayam cah tahu

bayam tahu saus tiram
bayam-tahu-saus-tiram
Bahan

1 ikat bayam , siangi lalu cuci bersih
1/2 tahu putih , goreng setengah matang
1 bawang putih , keprek
1/4 bawang bombay , cincang kasar
1/2 sdt bubuk jamur ( royco )
1 sdt garam
1/4 sdt merica
1 sdm saus tiram
100 cc air

cara membuat

Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bawang putih aduk rata
Masukkan saus tiram, aduk rata
Masukkan bayam , aduk rata
Masukkan garam , merica dan penyedap
masukkan air dan trakhir tahu yang telah digoreng setengah matang
angkat , sajikan hangat

Sumber resep:
Resep Egg Benedict: Jeff Palmer Lokanata
Resep Bayam Cah Tahu: https://dapuryuli.wordpress.com/category/sayuran/

PS.
Hukum Kanonik Gereja Katolik (KHK) 1250-1252:
Kan. 1250 Hari dan waktu tobat dalam seluruh Gereja ialah setiap hari Jumat sepanjang tahun, dan juga masa Pra-paska.

Kan. 1251 Pantang makan daging atau makanan lain menurut ketentuan Konferensi para Uskup hendaknya dilakukan setiap hari Jumat sepanjang tahun, kecuali hari Jumat itu kebetulan jatuh pada salah satu hari yang terhitung hari raya; sedangkan pantang dan puasa hendaknya dilakukan pada hari Rabu Abu dan pada hari Jumat Agung, memperingati Sengsara dan Wafat Tuhan Kita Yesus Kristus.

Kan. 1252 Peraturan pantang mengikat mereka yang telah berumur genap empat belas tahun; sedangkan peraturan puasa mengikat semua yang berusia dewasa sampai awal tahun ke enampuluh; namun para gembala jiwa dan orangtua hendaknya berusaha agar juga mereka, yang karena usianya masih kurang tidak terikat wajib puasa dan pantang, dibina ke arah cita-rasa tobat yang sejati.

PSS.
Daging yang dimaksud dan tidak dimakan adalah daging dari binatang mamalia dan dari hasil peternakan, dan daging yang plg dihindari adalah daging sapi, babi, ayam, dan kalkun. Sementara dagingnya dilarang, produk non-daging dari binatang2 itu tidak dilarang (susu, keju, mentega, dan telur).

Untuk ikan/seafood tidak termasuk kategori daging, karena bahasa Latin untuk daging ‚Äúcaro‚ÄĚ berasal dari bahasa Inggris ‚ÄúCarnivore‚ÄĚ dan ‚Äúcarnivorous‚ÄĚ, diberlakukan dengan ketat pada makanan daging dan tidak pernah dimaksudkan untuk ikan (seafood).

~Ad Jesum per Mariam~

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/resep-untuk-menjalankan-pantang-daging/

Leave a Reply