«

»

Dec 11

Print this Post

Sejarah Minuman Cappuccino

Brothers, barangkali di antara kita ada yang juga menjadi penikmat kopi, khususnya kopi cappuccino? Ternyata ada sejarah unik di balik kopi cappuccino, mari kita simak bersama kisahnya dikutip dari situs http://bentalk123.blogspot.com/2013/08/marco-daviano-father-of-cappuccino.html (dengan sedikit perubahan).

Kopi Cappuccino ditemukan oleh seorang biarawan Capuchin yang bernama Marco d’Aviano (1631-1699), yang tinggal di Aviano, Republik Venisia.

patung Yang Terberkati Marco d'Aviano

Yang Terberkati Marco d’Aviano

Pada Tahun 1631, Marco d’Aviano dikirim oleh Paus dalam usaha menyatukan umat Kristiani (Katolik dan Protestan) untuk bersatu dalam menghadapi peperangan melawan pasukan Ottoman. Dikisahkan bahwa, setelah memperoleh kemenangan, pasukan Viennese dilaporkan menemukan beberapa karung kopi yang ditinggalkan oleh tentara musuh, setelah Marco d’Aviano merasakan bahwa rasa kopi tersebut terlalu kuat menurut seleranya, Marco d’Aviano kemudian menipiskan rasa kopi tersebut dengan mencampurkan cream dan madu.
Minuman tersebut pun berubah menjadi coklat seperti warna jubah Capuchin. Para serdadu Viennese kemudian menamakan nya Cappuccino, untuk menghormati Ordo Capuchin, yang juga Ordo dari Marco d’Aviano.

Kopi Cappuccino pada zaman sekarang

Kopi Cappuccino pada zaman sekarang

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/sejarah-kopi/

Leave a Reply