«

»

Dec 11

Print this Post

Warna Liturgi

liturgical colour - jubah

PUTIH:

Melambangkan kesucian, sukacita, cahaya, kemuliaan. Digunakan selama masa Natal dan Paskah serta Kamis Putih, Hari Raya Tritunggal Mahakudus, berbagai pesta yang berhubungan dengan Kristus, Santa Perawan Maria, malaikat dan orang-orang kudus yang bukan martir. Juga pada hari raya Semua Orang Kudus, St Yohanes Pembaptis, St Yohanes Penginjil, Tahta St Petrus dan Pertobatan St Paulus. Putih juga digunakan untuk pernikahan dan pembaptisan, dan hari raya paroki.

HIJAU:

Melambangkan harapan, hidup, antisipasi. Hijau digunakan selama masa biasa, masa liturgi terpanjang dalam kalender Gereja. Masa biasa berfokus pada pelayanan publik Kristus, ajaran dan mujizat-Nya. Kita diingatkan selama musim ini bahwa kita adalah Gereja Misionaris – kita dipanggil untuk berbagi pesan Kristus dengan dunia.

MERAH:

Melambangkan darah, api, semangat. Merah digunakan pada hari Minggu Palma, Jumat Agung, pesta Para Rasul dan penginjil dan perayaan orang-orang kudus martir, dan hari Minggu Pentakosta. Merah melambangkan Roh Kudus. Anda juga akan melihat warna merah pada penerimaan Sakramen Krisma.

HITAM:

Melambangkan kematian dan berkabung. Warna ini digunakan untuk Misa pemakaman dan pada peringatan kematian.

VIOLET/UNGU:

Melambangkan tobat, persiapan, pengorbanan. Anda akan melihat warna-warna ini paling sering selama Prapaskah dan Adven dan kadang-kadang di pemakaman.

ROSE (Merah Jambu):

Melambangkan antisipasi, bersukacita. Warna ini digunakan pada hari Minggu Gaudete (Minggu Adven III) dan hari Minggu Laetare (hari Minggu Prapaskah IV). Kata gaudete dan laetare adalah variasi dari bahasa Latin yang berarti “bersukacita”. Kata-kata tersebut mengingatkan kita akan peristiwa kedatangan yang penuh sukacita.

Warna-warni liturgi Gereja ini terlihat pada jubah imam, kain-kain perlengkapan dalam gereja dan kadang-kadang kain penutup piala. Advent lilin berwarna ungu dengan satu lilin berwarna merah jambu (mawar) untuk minggu Adven ketiga.

Disadur dari [nttp://epicpew.com/know-liturgical-colors/] pada 10/12/2014 (fs).

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/warna-warna-liturgi/

Leave a Reply