«

»

May 29

Print this Post

Y.M. Hieronymus Herculanus Bumbun & Misa Forma Extraordinaria

Bermula dari keinginan beberapa umat Katolik yang menginginkan Misa Latin Tradisional hadir di Pontianak. Segala perencanaan dan teknis untuk merealisasikan Misa sudah dirancang, namun semua terhalang suatu hal, yakni mencari Imam yang akan menjadi selebran Misa.

Beberapa bulan kemudian, ada Imam yang bersedia merayakan Misa Forma Extraordinaria. DIalog dilakukan, dan pada akhirnya disarankan untuk meminta persetujuan dari Uskup Agung Pontianak. Ketika menghadap Y.M Hieronymus Herculanus Bumbun (kala itu masih Uskup Agung Pontianak), singkatnya Y.M. Hieronymus H.B memberikan restu atas Misa Kudus dalam bentuk luar biasa ini. Beliau juga menceritakan bagaimana dulu terdapat seorang Uskup (Mgr. Levebre) mempertahankan Misa ini.

Setelah memperoleh restu dari Uskup, tidak lama kemudian Keuskupan Agung Pontianak memiliki Uskup Baru yang menggantikan posisi Y.M. Hieronymus H.B, Y.M. Agustinus Agus. singkatnya, Y.M. Agustinus Agus juga merestui Misa Forma Extraordinaria.

Beberapa bulan berjalan seperti biasa seraya menunggu jadwal Imam yang bersedia mempersembahkan Misa Kudus ini. Karena jadwal imam tersebut padat, maka pada tanggal 8 Februari 2015, anggota Komunitas Liturgia Latina St. Yohanes XXIII bertemu dengan Uskup Agung Emeritus di Sakristi Katedral St Yosef Pontianak, membicarakan Misa ini dan meminta kesediaannya untuk mempersembahkan Misa Forma Extraordinaria. Jawaban yang sungguh menyenangkan, beliau bersedia menjadi selebran Misa Latin Tradisional untuk pertama kalinya di Pontianak. Proses menuju terselenggaranya Misa pun di awali dengan menetapkan tanggal dan waktu Misa, latihan Misa, mencetak buku Misa untuk Imam dan teks Misa untuk umat. Komunitas Liturgia Latina St. Yohanes XXIII sangat berterima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu terselenggarakan Misa ini, baik dalam hal material maupun doa.

Pada tanggal 01 Maret 205, jam 08.30 WIB Misa berlangsung khidmat di Kapel St. Antonius. Dihadiri oleh Umat -+ 105 dari berbagai paroki dan dihadiri pula oleh beberapa suster yang memiliki kerinduan Misa dalam bahasa latin.

Patutlah kita mengucap syukur karena dibeberapa tempat, khususnya di wilayah Indonesia dapat mencicipi rahmat surgawi dengan Misa Forma Extraordinaria. kita patut bersyukur juga karena di Indonesia, kita memiliki seorang Uskup yang bersedia memimpin Misa Latin Tradisional, dan tentunya Y.M. Hieronymus herculanus Bumbun merupakan USKUP di INDONESIA yang pertama kali mengurbankan Misa Latin Tradisional sejak Gereja menerbitkan Misale Romanum 2002 (Forma Ordianaria). Baca juga: MISA LATIN TRADISIONAL PONTIANAK

Y.M. Hieronymus Herculanus Bumbun

Permanent link to this article: http://www.missalatina.org/y-m-hieronymus-herculanus-bumbun-misa-forma-extraordinaria/

Leave a Reply